Pura Gunung Kawi Tampaksiring

Tags

Objek wisata Pura Gunung Kawi, Tampaksiring berlokasi di Banjar Penaka, kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar. Kompleks pura ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dan telah ditetapkan sebagai situs arkeologi. Di objek wisata ini terdapat sejumlah kompleks candi berukuran besar. Menariknya, candi-candi tersebut dipahat langsung pada dinding tebing. untuk mencapai kompleks pura, dari areal parkir, pengunjung harus menuruni lembah dengan 315 anak tangga. Cukup melelahkan memang, namun selama perjalanan pengunjung dimanjakan dengan panorama alam dan terasering yang sangat memikat.
Posisi pura terbagi menjadi dua yakni di bagian barat dan timur yang dibelah aliran Tukad Pekerisan. Candi yang berada di sisi timur dianggap bagaian utama dari Pura Gunung Kawi. Adapun objek yang bisa dikunjungi di areal ini antara lain Pura Kawan dan Candi Prasadha Ukir yang berada di sebelah barat sungai serta Pura Puncak Gunung Kawi, Pura Melanting dan Pura Gunung Kawi yang berada di sebelah timur. Masing-masing memiliki keunikan dan daya pikat tersendiri. Pada beberapa bagain juga terdapat pancuran yang dikeramatkan. Secara keseluruhan, kompleks candi atau pura itu diperkirakan difungsikan  sebagai tempat persembahyangan keluarga kerajaan semasa pemerintahan Raja Anak Wungsu. Namun yang menarik, di kawasan ini juga terdapat sejumlah ceruk pada tebing yang diperkirakan menjadi tempat meditasi umat Buddha. Hal ini menjadi bukti toleransi kehidupan beragama masyarakat pada zaman tersebut sangat harmonis.
Asal-usul penamaan kompleks pura ini diperkirakan berasal dari nama Gunug (daerah pengunungan) dan Kawi (pahatan). Sejumlah literatur menyebutkan, candi-candi di gunung Kawi diperkirakan telah dibangun sejak pertengahan abad ke-11 Masehi atau saat dinasti Udayana. diperkirakan pula pembangunan berakhir pada masa pemerintahan Raja Anak Wungsu (1049-1080 Masehi).
Menurut Koordinator Objek Wisata Pura Gunung Kawi Tampaksiring I diminati pecinta alam, spiritual dan nilai-nilai sejarah. Hingga September tahun ini, angka tertinggi kunjungan wisatawan terjadi pada bulan Agustus lalu yakni sebanyak 26.599 orang. Kunjungan didominasi wisatawan khususnya Eropa yakni prancis, Italia dan Jerman. Mereka sangat tertarik dengan keindahan alam serta nilai historis dari Gunung Kawi.


EmoticonEmoticon